Jumat, 08 Februari 2013

Tugas Kepala Desa, Camat Serta Bupati


Diantara Tugas dan Fungsi Kepala Desa Di Dalai Desa
  • Memeegang teguh dan mengasmalkan Pancasila, melaksanakan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia 1945 serta mempertahankan dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia;
  • Meningkatkan kesejahteraan masyarakat;
  • Memelihara ketentraman dan keterlibatan masyarakat;
  • Melaksanakan kehidupan demokrasi;
  • Melaksanakan prinsip tata pemerintahan desa yang bersih dan bebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme;
  • Menjalin hubungan kerja dengan seluruh mitra kerja pemerintahan desa;
  • Menaati dan menegakan seluruh peraturan perundang-undangan;
  • Menyelenggarakan administrasi pemerintahan desa yang baik
  • Melaksanakan dan mempertanggungjawabkan pengelolaan keuangan desa;
  • Melaksanakan urusan yang menjadi kewenangan desa;
  • Mendamaikan perselisihamn masyarakat di desa
  • Mengembangkan pendapatan masyarakat dan desa;

  • Membina, mengayomi dan melestarikan nilai-nilai sosial budaya dan adat istiadat;

  • Memberdayakan masyarakat dan kelembagaan di desa; serta
  • Mengembangkan potensi sumber daya alam dan melestarikan lingkungan hidup
 Diantara Fungsi dan Tugas Camat di Kecamatan
  • Perumusan dan penetapan rencana strategis dan rencana kerja Kecamatan sesuai dengan  visi dan misi daerah;
  • Penetapan program kerja dan rencana kegiatan Kecamatan berdasarkan pada visi dan misi Kecamatan;
  • Penetapan rencana kebutuhan belanja langsung dan belanja tidak langsung serta rencana kebutuhan, pemanfaatan dan pemeliharaan barang inventaris Kecamatan;
  • Pemberian pelayanan kepada masyarakat berdasarkan urusan wajib dan urusan pilihan yang dilimpahkan Walikota kepada Camat;
  • Pelaksanaan tugas pembantuan;
  • Pelaksanaan pembinaan dan pelayanan umum kepada masyarakat;
  • Pengkoordinasian penyelenggaraan ketentraman, ketertiban, kesatuan bangsa, perlindungan masyarakat dan kerukunan antar umat beragama dilingkungan Kecamatan;
  • Pengkoordinasian penyelenggaraan pemerintah, pembangunan dan perekonomian, kesejahteraan social, lingkungan hidup serta social budaya dilingkungan Kecamatan;
  • Penyelenggaraan perizinan tertentu yang dilimpahkan oleh Walikota;
  • Pelaksasnaan Koordinasi dan hubungan kerja sama dengan perangkat daerah, dan lembaga / instansi terkait dalam rangka penyelenggaraan kegiatan Kecamatan;
  • Pembinaan dan pengendalian tugas yang dilaksanakan Lurah;
  • Pembinaan dan pengendalian administrasi keuangan, kepegawaian dan urusan rumah tangga Kecamatan;
  • Pembinaan dan pengendalian pelaksana kearsipan serta pelayanan kehumasan;
  • Pengkoordinasian pelaksanaan tugas UPTD dan UPTB diwilayah kerjanya;
  • Pelaksanaan monitoring dan evaluasi penyelenggaraan kegiatan Kecamatan dan Kelurahan;
  • Pembinaan dan pengendalian pelaksanaan tugas Sekretariat, Seksi – seksi dan kelompok Jabatan Fungsional;
  • Pembinaan administrasi perkantoran serta tatalaksana pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan;
  • Pembinaan, pengawasan dan pengendalian tugas bawahan;
  • Pelaksanaan tugas selaku Pengguna Anggaran / Pengguna Barang;
  • Penyusunan dan pencapaian laporan keuangan kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Pemberian laporan pertanggung jawaban tugas kecamatan kepada Bupati melalui  Sekertaris Daerah dan laporan kinerja kecamatan sesuai ketentuan yang berlaku;
  • Penyelenggaraan tugas lain yang diberikan oleh Bupati.
Diantara Tugas Pokok dan Fungsi Bupati  Di Kabupaten
Tugas Pokok Bupati
  • Menyusun rencana dan program kerja Bidang Kepegawaian sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Mempelajari, menelaah peraturan perundang-undangan, keputusan, petunjuk  pelaksanaan dan petunjuk bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai;
  • Memberikan petunjuk, arahan dan mendistribusikan  tugas kepada bawahan  guna menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan koordinasi pelaksanaan tugas  dengan instansi terkait baik secara langsung maupun tidak langsung untuk mendapatkan masukan, informasi serta untuk mengevaluasi permasalahan agar diperoleh hasil kerja yang optimal;
  • Merumuskan  kebijakan teknis dan perencanaan program kerja bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  • Menyelenggarakan urusan pemerintahan dan pelayanan umum  bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai dalam rangka pelaksanaan urusan pemerintah bidang kepegawaian;
  • Melaksanakan pembinaan dan fasilitasi bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai lingkup kabupaten;
  • Melaksanakan kebijakan bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai sesuai dengan ketentuan yang berlaku;
  • Melaksanakan pemantauan, evaluasi   bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai;
  • Melaksanakan pelayanan administrasi  pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai  sesuai dengan norma standar dan prosedur yang ditetapkan dengan peraturan perundang-undangan;
  • Melaksanakan evaluasi dan menilai kinerja bawahan  secara berkala melalui sistem penilaian yang berlaku sesuai dengan ketentuan;
  • Melaporkan  pelaksanaan tugas program kegiatan bidang pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai  kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah baik secara lisan maupun tertulis;
  • Memberikan  saran dan pertimbangan kepada Bupati baik  secara lisan maupun tertulis sebagai bahan masukan guna kelancaran pelaksanaan tugas;
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsi BKD.
Fungsi Bupati
  • Perumusan kebijakan teknis dan perencanaan program bidang kepegawaian;
  • Pengkoordinasian  dan fasilitasi bidang kepegawaian;
  • Pengarahan dan pemberian petunjuk teknis  bidang kepegawaian;
  • Penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pelayanan umum bidang kepegawaian;
  • Pelaksanaan tugas di bidang kepegawaian meliputi pengembangan pegawai, mutasi dan kepangkatan,  pembinaan  dan pengawasan pegawai;
  • Pengelolaan Tata Usaha Sekretariat BKD;
  • Pengiventarisasian permasalahan dalam pelaksanaan tugas BKD dan penyusunan alternatif penyelesaian masalah;
  • Pelaksanaan monitoring, evaluasi dan pelaporan bidang kepegawaian dan kesekretariatan BKD;
  • Pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.

1 komentar: